RSS

Persiapan Untuk Lamaran Ala CiGus…

30 Mar

alham dulillah, prosesi lamaranku bulan ini (20 Maret 2008) berjalan dengan sangat lancar…

meski hanya kecil-kecilan, kehidmatan dari acara itu kerasa banget, karena yang terpenting adalah kehidmatannya..

nah, untuk mencapai porsesi ini juga sebenarnya gak mudah-mudah banget, terutama jika keluarga pihak perempuan pemegang teguh adat istiadat

bagus sih, cuma kadang ada yang memberatkan…so, butuh persiapan yang matang dan master plan

nah, kalau memang ada adatnya, hendaknya si calon perempuan memberikan gambaran dahulu ke pihak laki-laki, jadi nanti pas acara dia gak blank..gak tahu mulai dari mana atau kagok karena terkejut (syukur rombongan abi dah ada ahlinya)..begitu juga perempuannya ada beberapa tahap lamaran yang harus dia ketahui, misalnya gak boleh kontak-kontakan dulu sama si kang mas sebelum acara di mulai…bahkan aku waktu itu dipingit dulu meski hanya beberapa jam saja…

nah, ini dia sedikit wejangan buat rekan-rekan sejawat yang akan mengadakan lamaran, baik yang direncanakan atau kejutan…tetep kudu ada master plannya ya…

1. Ada lebih baiknya pertemuan antar keluarga sudah dilakukan.

yah, sekedar kenalan dulu biar nanti gak terkejut. apalagi sampai kayak adegan di sinetron, gara-gara gak kenal malah ditolak lamarannya sama si calon perempuan. acara ini juga bisa sekaligus menentukan kapan jadwal lamaran, karena info itu penting untuk pihak perempuan biar ada persiapan menyambut tamu…

2.bila tanggal sudah pas, mulai deh kejar benda-benda antarannya…

kalau pengalaman keluargaku, mama bilang yang biasanya di bawa adalah tanda jadi alias mas kawin sekedarnya, plus cincin tunangan kalau memang mau pakai. lalu, antaran berupa keranjang bahan pangan seperti gula, kopi, teh, telur dan kawan-kawannya. biasanya satu atau dua keranjang.

kemudian ada juga keranjang buah-buahan, entah kenapa ini penting banget katanya sebagai penghormatan. ditambah dengan satu keranjang isi kue-kue ringan atau kaleng, satu keranjang isi berbagai jenis minuman bisa termasuk aqua juga, dan keranjang bersisikan seperangkat pakaian atau kain untuk digunakan si calon pengantin perempuan.

3. siapkan juga jawaban-jawaban untuk pertanyaan dari pihak perempuan.

misalnya, tanggal berapa mau direncanakan pernikahannya, berapa mas kawin yang akan diberikan, berapa uang bantu untuk acara, dll. nah, untuk yang satu ini bisa kong kalikong dengan keluarga inti si perempuan, biar nanti tawar menawarnya gak kelamaan.

teman-teman pasti aneh kok ada tawar menawar, kesannya kayak kita ini barang aja. tetapi lihatlah sisi positifnya, disini sudah dimulai proses musyawarah antar keluarga dan juga saling dengar pendapat..

4. siapkan dana untuk perjalanan, khususnya buat kalian yang tempatnya jauh dari domisili seperti kita kemarin. nah jangan lupa laporkan ke pihak perempuan berapa jumlah keluaraga yang akan datang, biar gak kekurangan stok pelayanan maksudnya.

untuk yang perempuan kalau jauh, bisa membantu pihak laki-laki dengan mencarikan tempat penginapannya dan juga kendaraan sewa jika perlu.

kalau sudah begini, saya kira sudah siap deh. mulai dari barang bawaaan, persiapan lokasi, dan juga tanggal.

ok, semoga lancar buat teman-teman yang mau lamaran ya..oh ya, yang perempuan pakai baju yang cantik ya dan rapi gak perlu baru, dan cowok jangan lupa pakai peci kalau muslim biar keliatan rada alim gitu…hehehe

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2008 in aku dan dia

 

2 responses to “Persiapan Untuk Lamaran Ala CiGus…

  1. Indesign's Mine

    Maret 5, 2009 at 12:28 pm

    nice post,
    terima kasih

     
  2. Nur

    November 18, 2009 at 11:17 am

    makasich ya buat infonya, sampai saat ini aq blm persiapan apa – apa padahal acara lamaran tinggal 10 hari lg…
    hehehe…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: