RSS

Liputan Ibu Negara

20 Feb

Promosikan Kebudayaan Indonesia Lewat Persahabatan

Dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya Indonesia yang beranekaragam dan telah menjadi salah satu aset wisata terbesar kepada seluruh negara sahabat yang bertugas di Indonesia, Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono berencana menggelar acara freindship gathering atau perjamuan persahabatan bekerja sama dengan lembaga Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), yang akan dilaksanakan di Istana Cipanas, 27 Februari mendatang.

ibu ani dan mobil pintar

“Acara persahabatan ini akan diikuti oleh istri-istri duta besar negara sahabat yang tengah bertugas di Indonesia seperti Bangladesh, Zimbabwe, dan Swedia. Juga istri-istri Duta Besar Negara Sahabat, istri-istri anggota badan internasional yang ada di Indonesia, anggota SIKIB, dan anggota kehormatan Ria Pembangunan,”kata Ketua SIKIB Murniati Widodo A.S, yang dijumpai seusai mengadakan pertemuan dengan Ibu Negara Ani di Istana Negara bersama dengan anggota kepanitiaan lainnya (20/02).

Lebih lanjut ia mengungkapkan adapun tujuan dari perjamuan persahabatan ini tidak hanya sebatas mempromosikan berbagai jenis kebudayaan kita kepada rekan-rekan dari negara sahabat. Juga guna mempererat persahabatan antar negara dan mendukung promosi Departemen Kepariwisataan “Visit Indonesian Year 2008” yang diadakan di Palembang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia sebagai salah satu aset wisata bangsa sambil mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan negara-negara sahabat. Selain itu, dalam kesempatan ini kami juga ingin mempromosikan Istana Cipanas yang terkenal dengan keindahan dan sumber air panasnya,”ujar Murniati.

Menurutnya, dipilihnya Istana Cipanas selain karena kondisi alamnya yang indah ternyata juga karena banyak tamu negara yang belum pernah berkunjung ke salah satu istana negara tersebut. “Bahkan, ibu-ibu dari Indonesia sendiri banyak yang belum berkunjung ke Istana Cipanas,”jelasnya.

“Kami mengundang 440 tamu undangan baik yang dari negara sahabat maupun dari daerah. Hingga hari ini sudah ada 59 istri duta besar yang sudah memastikan akan hadir dan sebanyak 41 orang lainnya menyatakan ketidakhadirannya. Adapun alasan ketidakhadiran mereka bermacam-macam, antara lain beberapa Duta Besar tidak membawa serta keluarganya ke Indonesia,”jelas Murniati.

Acara kali ini menurut Murniati sedikit berbeda dibandingkan acara serupa yang pernah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya, antara lain yang menjadi host kali ini langsung dipimpin oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono.

Lebih lanjut, ia menjelaskan seperti pada acara freindship gathering sebelumnya di dalam acara persahabatan kali ini akan menampilkan sejumlah kebudayaan khas daerah berupa seni tari, nyanyian daerah, makanan, kerajinan dan pakaian pernikahan adat. “Tahun ini dipilih dari tiga daerah, yakni Sumatera Utara, Jawa Barat dan Banten. Jadi nanti ada tari Tor-Tor dari Sumatra, tari jaipongan, kuda renggong, pameran batik dan beranekamacam kuliner nusantara,”ujar Murniati.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono juga menyampaikan kepada seluruh panitia bahwa pelaksanaan acara ini juga sangat penting dalam menjaga kebudayaan negara Indonesia. Karena dalam acara ini, pemerintah secara tidak langsung ikut mendorong setiap daerah untuk mau menampilkan kesenian dan kebudayaan daerahnya masing-masing, baik di depan tamu internasional maupun daerah sendiri.

“Kalau tidak dilestarikan dan dijaga, kita bisa kehilangan (kebudayaan),”ujar Ibu Negara kepada seluruh anggota panitia yang terdiri dari Ketua Panitia Herawatie Boediono, Wakil Ketua Herawatie Wirajuda, Sri Kusmayanto Kadiman, Siti Zaenab Yusuf Asy`ari, Danie Hendarman Supandji, Tuty Erman Suparno, Lies Djoko Kirmanto, dan Triesna Jero Wacik.

Untuk itu, Ibu Ani mengingatkan agar panitia bekerja keras dalam mempersiapkan acara tersebut dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan kesan yang mendalam kepada seluruh tamu undangan.

“Saya menginginkan agar acara tahun ini menjadi lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi seluruh tamu undangan yang hadir,”kata Ibu Negara.

Suci Dian H

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 20, 2008 in reportase

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: