RSS

Liputan Istana

18 Feb

Koordinasi Otoritas Fiskal dan Moneter Demi menjaga stabilitas perekonomian Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yuduhoyono meminta agar koordinasi antara otoritas fiskal dan moneter dilakukan sebaik mungkin selain menyinergikan kinerja antarlembaga. Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Burhanuddin Abdullah seusia bertemu Presiden bersama para Deputi Gubernur BI di kantor Kepresidenan, Jumat (15/2).

Di dalam pertemuan itu, Burhanuddin bersama tim hanya melaporkan kondisi fiscal sustainability Indonesia dari pengaruh perekonomian global. “Ini penting karena Bank Indonesia sebagai otoritas moneter ingin mengarahkan supaya dalam konteks sustainability, kebijakan moneter dapat dijalankan secara terukur, cermat dan tetap menjaga ruang serta dinamika perekonomian kita di tahun-tahun mendatang,” jelas Burhanuddin di dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Selain itu, ikut disampaikan berbagai isu serta instrumen yang tengah dipikirkan pihak BI guna melaksanakan kebijakan moneter. Diantaranya adalah menggunakan variabel rate.

“Ini dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas yang lebih dan kemudian kita juga melihat betapa besar dampak dari fluktuasi nilai tukar terhadap perekonomian kita di dalam situasi dimana instabilitas secara global masih belum bisa kita predict lebih panjang,” katanya.

Untuk itu, Presiden meminta agar Bank Indonesia bekerja sama secara sinergi dengan lembaga lainnya termasuk Departemen Keuangan. “Koordinasi antar lembaga, bukan hanya Bank Indonesia dan Depkeu, tapi juga departemen-departemen lainnya dihidupkan, agar ketimpangan-ketimpangan perekonomian kita bisa ditangani dengan sebaik-baiknya,” kata Burhanuddin.

Suci Dian H

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 18, 2008 in reportase

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: