RSS

Yang Muda Belum Boleh Bicara

11 Nov

Saat pertama kali melihat iklan itu, aku tertawa…

Aku tahu maksudnya, tidak jarang saat belajar dibangku sekolah tingkat pertama hingga menduduki bangku kuliah, kebanyakan “pembimbing” menganut isi iklan tersebut. Dulu kami memanggil mereka “orang-orang kolot”, tidak mengikuti perkembangan zaman, dan kata-kata purba lainnya. Apa tidak tahu, bukan hanya perempuan saja yang beremansipasi, tetapi juga anak muda.

Kadang, aku tidak habis berfikir. Mengapa masih ada orang yang bertambah usianya tetapi tidak dengan kedewasaan dan kebijakannya. Yang tumbuh bersamanya hanyalah keegoisan, kekeraskepalaan dan organ kedewasaannya (ups..!).

Seakan-akan mereka tidak pernah mengambil pelajaran dari tiap detik kehidupan mereka. Atau bisa juga mereka hanya menutup mata padanya. Bisa pula mereka terlalu bodoh dan keras kepala untuk membuka hatinya.

iklan salah satu rokok di Indonesia yang mengatakan, “Yang muda belum boleh bicara”, rasanya tepat sekali menggambarkan ke kolotan mereka.

apa mereka tidak pernah muda? dan merasakan perasaan kita yang anak-anak muda ini. Pernahkah mereka jengkel ketika tidak diperbolehkan menuntut ilmu hingga universitas oleh kedua orang tuanya, dan sebaliknya menyuruh mereka menyangkul di sawah? apa yang ada di hati mereka saat itu…tidak kah ingin menyuarakan pendapat?

tetapi, diluar itu aku juga banyak menemukan orang yang penuh dengan kebijaksanaan, kedewasaan dan kewibawaan. Kebanyakan mereka sudah berusia di atas 45 tahun. Kebijaksanaan itu sangat jelas terlihat dari perkataan dan sikap mereka dalam memandang kehidupan, begitu pula pada kehidupan dan pemikiran para remaja.

sebenarnya apa sih sulitnya mereka memahami pemikiran anak muda? mengapa kita yang diminta lebih bijaksana dan dewasa dibandingkan mereka? mungkin benar apa yang disampaikan pelajaran biologi dulu, semakin dewasa dan tua, akan banyak kemunduran yang terjadi. baik fisik, pikiran dan juga kpribadian…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 11, 2007 in home

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: