RSS

PT Inco Lanjutkan Pembangunan PLTA Karabbe

22 Okt

PT International Nickel Indonesia Tbk (Inco), Senin (1/10) mengumumkan bahwa Dewan Komisaris Inco telah menyetujui dimulainya kembali pembangunan proyek pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Karebbe, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Seperti yang disampaikan dalam siaran pers, persetujuan itu dikeluarkan setelah Kementrian Kehutanan mengeluarkan izin bagi Inco pada akhir Agustus 2007 lalu. Tertulis Menhut memperbolehkan Inco untuk menggunakan kawasan hutan di sekitar wilayah kontrak karya untuk pembangunan dan pengoperasian fasilitas PLTA Karebbe di Sungai Larona.

Presiden Direktur PT Inco, Arif S Siregar yang ditemui Jurnal Nasional, Selasa (02/10) mengatakan “saat ini kita mau jalan. Tengah memasuki tahap mobilisasi equipment”. Pembangunan lanjut fasilitas bendungan Karebbe dan PLTA itu diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pembangkit listrik Inco.

Dengan demikian, Inco yang sebelumnya hanya memproduksi 150 hingga 165 pon nikel dan matte, diyakini dapat menambahnya hingga mencapai 200 juta pon per tahunnya. “Mudah-mudahan 2010, hasil itu sudah bisa didapat,”tambah Arif.

Selain itu, pembangunan ini diharapkan dapat memenuhi tambahan kebutuhan listrik Inco hingga sebesar 90 megawatt (MW) per tahun. Begitu pula dengan masyarakat sekitarnya yang akan mendapatkan bantuan pasokan listrik cuma-cuma sebesar tiga megawatt. Maka total ketersediaan listrik di kawasan tersebut mencapai delapan megawatt yang diyakini sanggup menerangi seluruh kabupaten termasuk kawasan pedalaman.

Sebelumnya, pekerjaan pembangunan pondasi di Karebbe yang merupakan proyek permodalan utama Inco, telah dihentikan untuk sementara waktu sejak awal Januari 2006 menunggu penyelesaian syarat-syarat izin kehutanan. Persetujuan Dewan Komisaris tersebut memungkinkan Inco dapat memulai kembali pekerjaan proyek PLTA.

Ditampilkan di Jurnal Nasional, 11 Oktober 2007

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 22, 2007 in reportase

 

3 responses to “PT Inco Lanjutkan Pembangunan PLTA Karabbe

  1. darwis

    Maret 6, 2008 at 11:38 am

    Mohon dibertahu sejarah terjadinya Nickel serta gambar jenis Nickel yang ditambang PT. INCO selama ini, thanks sebelum/sesudahnya atas kesediaannya memberikan informasinya

     
  2. suci

    Maret 6, 2008 at 2:58 pm

    waduh..kalau ini aku belum tanya-tanya tuh…lain kali kalau ada informasi tentang jenis nikel yang meraka tambang akan segera di postkan ya..terimakasi atas kunjungannya..

     
  3. abdullah

    Agustus 24, 2008 at 8:21 am

    helo,,,,,,,,,karabbe apa udah operasi ya damnyaaaaaaaaa soalnya aq pingin bangat lihat hasilnya pa sama ga larona 1 atau larona 2 balambano, ayaaaa aq aland asal wasuponda tp skrng aq dah kerja di maluku utara halmahera timur. makasih ar_aland@yahoo.co.id

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: