RSS

Magic Math

27 Sep
Bagi mereka yang mengenalku, pasti bertanya-tanya, ‘tumben-tumbennya si Suci membicarakan matematika..’ Pasalnya aku memang dikenal tidak menyukai matematika. Alasannya simpel karena sisi otak ku yang bertanggung jawab terhadap ilmu matematika sedikit lemot.
tetapi, mengapa aku kali ini menuliskan matematika. Pertama, karena aku terinspirasi dari tulisan majalah Femina yang menuliskan seorang wanita yang memiliki bisnis terkait dengan matematika. Pekerjaannya adalah mengajarkan dan membuka mata anak-anak yang tidak menyukai matematika (sepertiku) ataupun yang kesulitan dengan matematika, bahwa ada kunci-kunci tertentu yang akan mempermudahkan kita.
salah satunya coba lihat ini, cara mudah untuk segera mengetahui hasil perkalian dengan angka 11.
jika soalnya, 11 x 14 =…
maka tinggal menambahkan angka yang dikalikan —> 1+4 =5, kemudian menambahkannya ke tengah dua angka yang ditambah tadi, menjadi 154. coba saja hitung dengan kalkulator benar atau tidak?
coba lagi deh, sekarang 11 X 66 = …
–> 6 + 6 = 12, jadinya 726. na, bener kan? oya, untuk soal yang akhirnya memunculkan dua angka lagi tinggal menambagkan angka terdepan ke angka terdepan yang dikalikan. misalnya seperti contoh ini angka satu dari 12 ditambahkan ke angka 6 yang terdepan dari 66. em..paham gak sih?? heheheh, coba terus deh
sekarang tebak-tebakan angka rahasia, ini juga bisa loh dijadikan untuk bahan permainan dengan orang yang baru anda kenal..
caranya, minta lah teman anda menentukan dua angka yang ia suka. Misalnya angka 63, tetapi jangan beritahukan angka rahasia itu ke anda. kemudian, minta ia tambahkan angka itu dengan 90. setelahnya, akan muncul tiga angka dari penjumlahan itu, yaitu 153.
selanjutnya, minta dia menambahkan angka terdepan ke kedua angka dibelakangnya. tapi, ingat jangan seperti abi Agus yang salah paham dengan menambahkannya satu-satu. salah !! yang benar untuk contoh di atas adalah 1 + 53 dan hasilnya 54.
nah, disini barulah keluarkan ekspresi misterius anda seakan-akan tengah berfikir keras. padahal anda tinggal menambahkan angka terakhir yang ia sebutkan dengan angka 9. jadi, 54 +9, dan jawabannya adalah 63. hore..!!! bener kan… silahkan mencoba…
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2007 in home

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: