RSS

Hari Puasa Pertama, Disambut Gempa

13 Sep

13 September 2007

Ditengah-tengah ramainya persiapan umat Islam Indonesia menyambut Bulan suci Ramadhan yang jatuh 13 September 2007 (1427 H), Allah memberikan teguran kecilnya.

Selasa sore lalu, menjelang waktu sholat magrib, saudara-saudara di daerah Bengkulu mendadak diguncang gempa berkekuatan 7,9 skala ritcher. Bahkan, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mengabarkan gempa tersebut juga berpotensi menjadi tsunami.

Astafirullaaahhhh….apakah ini teguran ataukah tanda bahwa bumi sudah mulai tak sanggub menampung semua manusia dengan berbagai karakter ini.. Namun, yang pasti apapun itu Allah hanya ingin menunjukkan kekuasaannya bagi manusia dan mengingatkan kepada siapa manusia akan memilih meminta pertolongan kala dunia memusuhinya.

Gempa itu tidak hanya terjadi sekali. Kantor media Metro TV mengabarkan bahwa hingga Rabu pagi (11.10 am), setidaknya kawasan Sumatra telah diguncang 17 gempa yang kekuatannya sekita 5 hingga 7 SR. Bisa dibayangkan, bagaimna galaunya warga muslim Riau, Padang, Jambi dan lainnya kala menjalankan ibadah puasa..??

bahkan, mengutip dari kantor media detik.com, dikabarkan seorang ibu yang baru saja melahirkan terpaksa berjalan melalui tangga menuruni 15 lantai untuk menyelamatkan diri. begitu kecilnya manusia dan tidak berdayanya dalam menghadapi gempa. selain itu, Jurnal Nasional juga menuliskan beberapa korban tewas telah dilaporkan. setidaknya seorang warga Bengkulu tewas setelah tertimpa runtuhan toko tempat ia bekerja..

dugaan akan adanya gelombang tsunami susulan, hingga saat ini belum terbukti. ya, syukurlah kurasa manusia Indonesia belum siap jika bencana alam yang pernah menggoreskan kekuatannya di tanah Aceh, kembali menuangkan kekuatannya di Bengkulu. namun, kewaspadaan tetap diperlukan tetapi tidak berlebihan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 13, 2007 in home, reportase

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: